Panduan Saham untuk Pemula

Panduan Saham untuk Pemula



Saham adalah salah satu instrumen dalam investasi yang paling menguntungkan. Menurut berbagai sumber, kinerja saham Indonesia merupakan saham terbaik kedua di kawasan Asia Pasifik setelah India.

Namun, investasi saham tidak bisa dilakukan semaunya. Bagi investor saham pemula, ada beberapa panduan pembelajaran saham yang perlu diketahui pemula. Apa saja yang harus dipelajari? Berikut ulasannya.

Pemahaman Mendalam Tentang Investasi Saham

Sebelum mulai bermain saham, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami konsep investasi saham. Alasannya adalah jika kita tidak mengerti apa yang kita lakukan, tidak akan ada investasi yang berhasil.

Untuk bermain saham sendiri, jika anda adalah pemilik perusahaan maka anda harus mempunyai pola pikir agar setiap langkah yang anda ambil akan sangat menentukan masa depan perusahaan.

Karena itu, Anda tidak bisa sekedar main-main. Setiap keputusan, terutama keputusan berinvestasi saham, harus didasarkan pada perhitungan yang cermat. Mengetahui waktu yang tepat sangat penting untuk investasi saham.

Ketahui Jenis Saham Mana yang Menguntungkan

Bagi pemula yang ingin mempelajari saham, terlebih dahulu perlu memahami jenis-jenis saham yang ada di bursa. Baik Anda orang biasa atau orang yang bijaksana, Anda perlu memahami kepribadian Anda terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir risiko kegagalan bisnis saat memperdagangkan saham di bursa efek di kemudian hari.

Saat memilih saham yang cocok dan menguntungkan, Anda perlu memperhatikan banyak hal. Pertama, tentang fundamental perusahaan yang akan diakuisisi. Jika laba perusahaan tidak terlalu tinggi, jangan pilih. Kedua, Anda harus mengamati perkembangan saham perusahaan. Ketiga, jika perlu minta broker untuk mempertimbangkan dan memberikan saran.

Tentukan apa Tujuan Anda untuk Investasi

Langkah berikutnya, mempelajari saham juga dapat menentukan bahwa tujuan Anda adalah berinvestasi dan memilih saham tersebut. Tujuan ini bisa berupa tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Pakar investasi saham menyarankan agar Anda memilih tujuan investasi jangka menengah.

Mengapa demikian? Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam jangka pendek, selain kerugian di pasar modal, Anda juga akan rugi karena harus membayar biaya broker. Jangka pendek yang dimaksud di sini adalah perdagangan intraday. Oleh karena itu, harap pertimbangkan dengan cermat kerangka waktu investasi untuk menghindari kerugian di masa mendatang.

Tentukan Nilai Investasi

Sekarang Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah menentukan besaran atau nilai investasi Anda. Untuk pemula yang ingin mempelajari dan memahami saham, ada baiknya untuk tidak terburu-buru dalam membeli saham dalam jumlah banyak.

Saat ini modal yang diberikan oleh banyak saham sangat kecil, sekitar 2 juta rupiah. Bahkan beberapa sekuritas kecil hanya memberikan investasi saham sebesar Rp 500.000.

Kemudian, untuk menghindari kesalahan perhitungan, ada baiknya Anda menginvestasikan hanya 5% dari pendapatan Anda saat meneliti saham. Jika Anda merasa menguntungkan, tingkatkan nilai investasi Anda secara bertahap. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan risikonya.

Pahami juga Pro dan Kontra

Hal terpenting saat mempelajari saham adalah memahami pro dan kontra. Keuntungan berinvestasi saham adalah Anda akan mendapatkan dividen tunai atau tambahan saham dalam jumlah yang cukup baik dalam bentuk dividen maupun pembagian keuntungan.

Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham. Misal, jika Anda membeli saham dengan harga 4.000 per saham kemudian menjualnya dengan harga 3.500, maka Anda pasti akan mendapat untung Rp.1.500 per saham.

Dengan demikian, masih ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan. Risiko tersebut antara lain hilangnya modal atau investor menjual saham dengan harga lebih rendah dari harga beli.

Risiko kedua adalah penghentian atau penghentian perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selama masa penangguhan ini, Anda tidak dapat menjual atau membeli saham kecuali penangguhan dicabut.

Jalankan Perdagangan Saham

Trading saham sangatlah penting, oleh karena itu Anda harus memperhatikan cara memainkan saham ini. Untuk membeli saham, Anda harus menyiapkan dana atau model berdasarkan harga saham yang ingin Anda beli.

Selain itu, Anda juga perlu membayar biaya transaksi jual beli saham kepada perusahaan sekuritas. Saat menjual saham, nilai dana yang akan diperoleh didasarkan pada harga jual saham dikurangi biaya transaksi dan pajak penghasilan. Biaya transaksi ini biasanya bervariasi antara 0,2-0,3% dari nilai pembelian saham.

Cara yang Tidak Aman dalam Bermain Saham

Di dunia saham, ada hal-hal seperti spekulasi di saham. Biasanya saham tersebut akan mendatangkan keuntungan cepat dalam waktu yang singkat. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya hindari berinvestasi di pasar saham seperti ini. Karena jika tidak hati-hati, maka Anda akan mengalami kerugian. Pastikan untuk membeli saham yang aman.

 Meski biasanya lebih mahal dari gorengan ini, namun lebih aman dalam hal alat investasi. Walau biasanya harganya sedikit mahal jika dibandingkan saham-saham gorengan tersebut, tentu secara instrumen investasi ini akan lebih aman.

Kiat Cepat Bagi Pemula untuk Bermain Saham

Ada beberapa tips tambahan bagi yang ingin berbisnis saham, khususnya bagi para pemula.

  • Beli saham perusahaan yang produknya digunakan sebagai investor oleh Anda. Dengan begini, Anda bisa memahami kinerja perusahaan.
  • Hindari terlalu sering melihat pergerakan harga saham, jangan sampai pergerakan harga saham akan membebani Anda sebagai investor.
  • Mulailah dengan sejumlah kecil modal, perhatikan dengan baik dan jaga emosi.

Setelah mengikuti panduan saham untuk pemula, siapkah Anda untuk berinvestasi di saham? Berinvestasi dalam saham akan membuat masa depan Anda lebih baik, tapi Anda juga harus memahami resikonya. Semoga bermanfaat.