Kalender Ekonomi - 5 Hal Utama Perlu Diketahui Pekan Ini

Kalender Ekonomi - 5 Hal Utama Perlu Diketahui Pekan Ini



 Menjelang minggu libur Natal yang singkat, masih ada banyak hal yang harus diperhatikan di pasar kala investor menunggu pemungutan suara untuk paket bantuan virus senilai $900 miliar. Upaya peluncuran vaksin akan semakin meluas setelah vaksin covid-19 besutan Moderna menjadi yang kedua menerima izin persetujuan dari FDA. Tesla masuk ke S&P 500 seiring dana indeks menyesuaikan kepemilikan agar sesuai dengan acuan indeks utama tersebut dan negosiasi Brexit akan segera berakhir. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai pekan Anda.

  1. Pembahasan stimulus berlanjut

Kongres AS tampaknya mulai mendekati pemungutan suara soal paket bantuan virus senilai $900 miliar, setelah para anggota parlemen mencapai kompromi di menit-menit terakhir guna mengatasi salah satu hambatan terakhir dalam kesepakatan.

Para pemimpin Kongres AS berencana untuk mengikutsertakan paket stimulus ke RUU senilai $1,4 triliun untuk mendanai anggaran pengeluaran pemerintah hingga September 2021. Batas waktu pendanaan pemerintah yang baru akan berakhir pada tengah malam Minggu (05.00 GMT Senin), mempertaruhkan penutupan pemerintah tanpa pemungutan suara.

Paket bantuan virus diharapkan mencakup satu kali cek tunai senilai $600 untuk mayoritas warga Amerika Serikat, meningkatkan tunjangan pengangguran sebesar $300 per minggu, bantuan untuk negara bagian yang mendistribusikan vaksin virus dan lebih banyak bantuan untuk usaha kecil.

Awal tahun ini Kongres AS menyetujui lebih dari $4 triliun dana bantuan, tetapi banyak dari dana tersebut telah habis dan ini bisa membebani pemulihan ekonomi.

  1. Kampanye vaksin meluas

Lebih dari 3.700 wilayah di seluruh AS akan mulai segera memberikan vaksin covid-19 buatan Moderna pada hari Senin sehingga menambah peluncuran vaksin penting yang dimulai minggu lalu dengan vaksin Pfizer (NYSE:PFE).

Pemerintah AS berencana mengirimkan 5,9 juta dosis vaksin Moderna (NASDAQ:MRNA) dan 2 juta vaksin Pfizer minggu ini.

Dosis awal diberikan kepada para tenaga kesehatan. Program oleh apotek Walgreens dan CVS untuk mendistribusikan vaksin Pfizer ke fasilitas perawatan jangka panjang diharapkan dimulai pada hari Senin.

Pakar kesehatan memperkirakan penyuntikan mayoritas vaksin bagi warga Amerika Serikat akan memakan waktu hingga 2021. Jumlah kasus Infeksi, rawat inap, dan kematian melonjak ke tingkat rekor di AS, yang telah gagal melakukan upaya terkoordinasi guna memperlambat penyebaran virus.

  1. Aksi debut Tesla (NASDAQ:TSLA) di S&P 500

Investor kemungkinan akan melihat volatilitas pada hari Senin ketika Tesla (NASDAQ:TSLA) mulai diperdagangkan sebagai bagian dari indeks S&P 500 setelah dana indeks menyesuaikan portofolionya agar sesuai dengan perombakan indeks patokan.

Saham Tesla telah menguat hampir 700% tahun ini sehingga kini nilai pasar sahamnya mencapai sekitar $600 miliar. Tesla adalah perusahaan otomotif paling berharga di dunia, meskipun memiliki produksi yang hanya sebagian kecil dari pesaing Toyota (NYSE:TM), Volkswagen (DE:VOWG_p) dan General Motors (NYSE:GM).

Beberapa analis mengatakan harga sahamnya jauh di atas fundamental dan ada banyak perdebatan tentang bagaimana kinerja saham mulai saat ini.

Analis menargetkan harga rata-rata $396,30 per saham, lebih dari sepertiga di bawah harga saat ini - meskipun perkiraan bervariasi dari $40 hingga $774 per saham.

  1. Pembaruan data ekonomi

Sebelum jeda libur Natal di kalender ekonomi, investor akan mendapatkan info terbaru tentang kesehatan sektor perumahan AS seiring rili data penjualan rumah lama pada hari Selasa dan penjualan rumah baru di hari Rabu. Pasar perumahan bertolak belakang dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi lantaran permintaan masih terpendam dan rekor suku bunga hipotek yang rendah.

Data pengeluaran pribadi pada hari Rabu kemungkinan akan melemah seiring masih buruknya angka penjualan ritel minggu lalu, tetapi data pesanan barang tahan lama diperkirakan akan tetap relatif kuat. Laporan kepercayaan konsumen akan diawasi dengan cermat di tengah tarik-menarik antara berita positif vaksin dan kekhawatiran atas memburuknya ekonomi dan pasar tenaga kerja.

Data ekonomi klaim pengangguran awal juga akan menjadi fokus setelah naik ke level tertinggi tiga bulan minggu lalu, yang merupakan peningkatan mingguan kedua berturut-turut.

  1. Batas waktu Brexit semakin dekat

Dengan sisa waktu kurang dari dua minggu sebelum Inggris keluar dari Uni Eropa ketika masa transisi berakhir pada 31 Desember, masih belum ada kesepakatan perdagangan yang berlaku, menempatkan perdagangan senilai satu triliun dolar dibayangi risiko dari tarif dan kuota.

Perundingan kedua pihak masih menemui jalan buntu akibat dua masalah - hak penangkapan ikan Uni Eropa di perairan Inggris dan situasi yang bisa memberikan aturan persaingan yang adil untuk kedua belah pihak.

Kedua belah pihak perlu mendapatkan persetujuan apa pun dari parlemen masing-masing, dan perundingan akan ada di tahap akhir mereka, diharapkan bahwa kesimpulan apa pun yang keluar kemungkinan besar akan diketahui sebelum Natal.

--Reuters